Pengertian Sekring Listrik dan Jenis-jenis Sekring yang Perlu Kamu Ketahui

Pengertian sekring listrik adalah sesuatu bagian yang berfungsi adalah seperti pengaman dalam Rangkaian Elektronika atau jua perangkat listrik. Pada biasanya sekring ini terdiri dari suatu kawat yang sungguh halus dan pendek yang dapat meleleh dan terputus sewaktu dialiri oleh arus listrik yang berlebihan ataupun dapat jua terjadi hubungan arus pendek ataupun short circuit di dalam suatu perabotan listrik ataupun elektronika.

Butuh kamu ketahui sewaktu putusnya sekring, arus listrik yang berlebihan itu gak bakal dapat masuk ke dalam rangkaian perabotan listrik lalu gak bakal menghancurkan bagian yang ada di dalam suatu rangkaian elektronika yang berhubungan. Faktor ini soalnya sekring punya kegunaan sendiri yakni buat melindungi elektronika dari kerusakan akibat arus pendek ataupun jua soalnya listrik yang berlebihan, sekring ini jua kerap kali disebut seperti pengaman listrik.

Sekring mempunyai dua terminal yang umumnya dipasang dengan secara seri dengan rangkaian elektronika yang bakal melindunginya lalu bila sekring tersebut terputus maka bakal terjadi yang disebut dengan terbukanya arus yang menentukan aliran listrik supaya arus listrik tersebut gak bisa mengalir masuk ke dalam rangkaian yang di lindunginya.

Berikut merupakan merupakan Simbol Sekring dan posisi pemasangan Sekring secara :

READ :  Pentingnya Mengemudi dengan Safety Riding

Simbol Sekring dan Step pemasangan Sekring

Bentuk Sekering yang paling kerap kali didapatkan adalah pada berupa tabung ataupun silinder serta jua Pisau ataupun Blade Type. Umumnya sekring yang punya bentuk sesuai tabung ataupun silinder tersebut kerap kali didapatkan di perabotan listrik hunian tangga sedangkan yang berupa pisau ini tambah kerap kali dipakai buat kendaraan bermotor.

Nilai Sekring tersebut umumnya tertera pada badan Sekring itu sendiri ataupun diukir pada Terminal Sekring, nilai Sekring itu diantaranya terdiri dari:

  • Arus Listrik dalam satuan Ampere (A)
  • miliAmpere (mA)
  • Tegangan dalam satuan Volt (V)
  • miliVolt (mV).

Di dalam Rangkaian Eletronika ataupun jua Listrik, Sekring ini kerap kali dilambangkan dengan huruf “F”.

Jenis-Jenis Sekring

Menurut kegunaannya Sekring tersebut bisa dibedakan jadi dua bagian yakni:

Sekring tipe blade ataupun wedge

Sekring blade jenis yang banyak di pakai soalnya sekring blade ini telah dirancang dengan bagian metal dengan tambah kompak lalu pada setiap putus bakal tambah terlihat dan jua sekring ini mempunyai corak buat membuat lebih mudah. Selain dari itu Sekring tipe ini jua punya sebagian keuntungan yakni:

  • Tambah ringan
  • Bagian yang berhubungan tambah lapang
  • Nggak gampang pecah dan anti shock ataupun terbakar
  • Tambah kuat pada arus yang terputus-putus
READ :  10 Brush Make Up Terbaik Agar Tampilan Wajahmu Sempurna

Sekring cartridge /glass

Sekring tipe cartridge ini bisa dilihat menurut jenis masing-masing, pada jenis ini dapat dilihat pada ujung logam penutup tabung kaca yang memperlihatkan angka penunjuk ruang sekring.

Prinsip Kerja Sekring

Sekring adalah alat perlindungan yang paling . Sekring tersebut dipasang dalam rangkaian listrik, pada sat aliran arus melampaui beban maksimumnya maka si Sekring bakal putus ataupun jua meletus. Elemen-elemen di dalam Sekring mencair, membuka rangkaian serta jua menangkal bagian lain rusak oleh soalnya arus yang berlebih. Ukuran bagian metal Sekring tersebut membedakan nilainya. Yang memerlukan dikenang keunggulan arus tersebut mengakibatkan keunggulan panas, serta panasnya itulah yang mengakibatkan rangkaian putus bukan soalnya arusnya.

Itulah keterangan mengenai Pengertian Sekring dan Jenis-jenis Sekring mudah-mudahan berfaedah untuk kamu semuanya.

Tinggalkan komentar